Komparasi Kemampuan Menghafal Surat Pendek Antara Yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Metode Ummi Pada Kelas V Di MI Al-Amin Dempelan Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020

Mas'ummah, Thokthik Indayani (2020) Komparasi Kemampuan Menghafal Surat Pendek Antara Yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Metode Ummi Pada Kelas V Di MI Al-Amin Dempelan Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616055_THOKTHIK INDAYANI MAS'UMMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mas’ummah, Indayani Thokthik. 2020. Komparasi Kemampuan Menghafal Surat Pendek antara yang Menggunakan dan tidak Menggunakan Metode Ummi pada Siswa Kelas V di MI Al-Amin Dempelan Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kurnia Hidayati, M.Pd.

Kata Kunci: Kemampuan Menghafal Surat Pendek, Menggunakan Metode Ummi, dan tidak Menggunakan Metode.
Melihat ribuan kaum muslimin yang menghafal Al-Qur’an dan mayoritas dari mereka adalah anak-anak. Dalam usia yang masih belia itu, terkadang mereka dalam menghafal surat pendek kurang lancar dan kurang memperhatikan hukum bacaan. Hal ini diperlukan sebuah metode yang efektif untuk mempermudah siswa dalam membaca dan menghafal surat pendek yaitu metode Ummi. Maka dari itu peneliti tertarik mengambil judul Komparasi Kemampuan Menghafal Surat Pendek antara yang Menggunakan dan tidak Menggunakan Metode Ummi pada Kelas V di MI Al-Amin Dempelan Madiun tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan menghafal surat pendek siswa yang menggunakan metode Ummi pada kelas V MI Al-Amin Dempelan Madiun tahun pelajaran 2019/2020, (2) mengetahui kemampuan menghafal surat pendek siswa yang tidak menggunakan metode Ummi pada kelas V MI Al-Amin Dempelan Madiun tahun pelajaran 2019/2020, (3) mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan menghafal surat pendek antara siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan metode Ummi pada kelas V MI Al-Amin Dempelan Madiun tahun pelajaran 2019/2020.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuatitatif. Penelitian ini menggunakan jenis Non Equivalent Control Group. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas V MI Al-Amin Dempelan Madiun. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan.
Berdasarkan analisis tersebut disimpulkan: 1) Kemampuan menghafal surat pendek yang menggunakan metode Ummi pada kelas V di MI Al-Amin Dempelan Madiun memiliki tiga kategori yaitu: siswa yang memiliki kemampuan menghafal surat pendek baik dengan prosentase 22,78%, siswa yang memiliki kemampuan menghafal surat pendek cukup dengan prosentas 55,56%, dan siswa yang memiliki kemampuan menghafal surat pendek kurang dengan prosentas 16,66%, serta memiliki nilai rata-rata 87; 2) Kemampuan menghafal surat pendek yang tidak menggunakan metode pada kelas V di MI Al-Amin Dempelan Madiun memiliki tiga kategori yaitu: siswa yang memiliki kemampuan menghafal surat pendek baik dengan prosentase 16,66%, siswa yang memiliki kemampuan menghafal surat pendek cukup dengan prosentas 61,11%, siswa yang memiliki kemampuan menghafal surat pendek kurang dengan prosentas 22,22%, serta memiliki nilai rata-rata 67; 3) Terdapat perbedaan kemampuan menghafal surat pendek antara yang menggunakan dan tidak menggunakan metode Ummi pada kelas V di MI Al-Amin Dempelan Madiun. Berdasarkan analisis uji “T” diperoleh Thitung = 6,12 > Ttabel = 2,03 pada taraf signifikasi 5% sehingga Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2020 03:17
Last Modified: 10 Jun 2020 03:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10168

Actions (login required)

View Item View Item