(BUKA PANDUAN UPLOAD SKRIPSI PADA WEB PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)Perbandingan Keterampilan Berkomunikasi Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Genuine Object Dan Non Genuine Object Pada Mata Pelajaran Ipa Di Smp Negeri 2 Ponorogo

Sari, Alvy Nur Latifah (2020) (BUKA PANDUAN UPLOAD SKRIPSI PADA WEB PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)Perbandingan Keterampilan Berkomunikasi Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Genuine Object Dan Non Genuine Object Pada Mata Pelajaran Ipa Di Smp Negeri 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_211316001_ALVY NUR LATIFAH.S_e-thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sari, Alvy Nur Latifah. 2020. Perbandingan Keterampilan Berkomunikasi Sains Siswa
Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation berbantuan Genuine Object dan
Non Genuine Object Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Ponorogo. Pembimbing
Dr. Wirawan Fadly, M. Pd
Kata kunci: Komunikasi Sains, Group Investigation, Genuine Object
Seiring perkembangan zaman, manusia dituntut menguasai keterampilan communication,
collaboration, critical thinking, dan creativity. Keterampilan berkomunikasi menjadi salah satu
keterampilan penting yang harus dikuasai seseorang. Dalam hal ini dunia pendidikan berperan
untuk bisa melatihkan siswanya memiliki keterampilan berkomunikasi.Salah satunya yaitu
dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation berbantuan Genuine Object,
karena dengan adanya pembelajaran langsung dan didukung media pembelajaran berupa benda
nyata maka siswa akan mudah melakukan pengamatan, dan mengkomunikasikan segala sesuatu
yang diperolehnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan keterampilan
berkomunikasi sains siswa antara model pembelajaran Group Investigation berbantuan Genuine
Object dengan model pembelajaran Group Investigation Non Genuine Object pada mata
pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo.Sampel yang
digunakan yaitu siswa kelas VII C dan VII D di SMP Negeri 2 Ponorogo. Teknik pengumpulan
data dengan tes uraian dan lembar keterlaksanaan pembelajaran, yang dianalisis secara deskriptif
kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan statistik inferensial.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
signifikansi perbedaan keterampilan berkomunikasi sains siswa antara model pembelajaran
Group Investigation berbantuan Genuine Object dengan yang Non Genuine Object.
Keterampilan berkomunikasi sains siswa menggunakan model pembelajaran Group Investigation
berbantuan Genuine Object memiliki nilai rata – rata 65,7 sedangkan keterampilan
berkomunikasi sains siswa menggunakan Group Investigation Non Genuine Object memiliki
nilai rata- rata 41,6. Keterampilan berkomunikasi sains siswa menggunakan model pembelajaran
Group Investigation berbantuan Genuine Object lebih baik daripada Non Genuine Object.
Berdasarkan uji t test one tailed yang dilakukan maka diperoleh nilai sebesar – 3,27748.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, model pembelajaran Group Investigation
berbantuan Genuine Object bisa menjadi rekomendasi bagi dunia pendidikan untuk melatih
siswa memiliki keterampilan berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2020 02:37
Last Modified: 10 Jun 2020 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10167

Actions (login required)

View Item View Item