(NOTA PEMBIMBING TIDAK USAH DISERTAKAN) Konsep Keluarga Ideal di Era Medsos (Analisis Serial Drama TVRI "Keluarga Medsos")

Afifah, Wuli Datul (2020) (NOTA PEMBIMBING TIDAK USAH DISERTAKAN) Konsep Keluarga Ideal di Era Medsos (Analisis Serial Drama TVRI "Keluarga Medsos"). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Wuli Datul Afifah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Afifah, Wuli Datul. 2020. Konsep Keluarga Ideal di Era Medsos (Analisis Tayangan TVRI “Keluarga Medsos”). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. Anwar Mujahidin, MA.
Kata Kunci: Keluarga, Drama, Pola Komunikasi.
Keluarga adalah salah satu unit terkecil dalam masyarakat, yang di dalamnya terdiri dari ayah, ibu dan anak yang saling berhubungan dan memengaruhi satu sama lain yang dapat menciptakan interaksi sosial antar sesama anggota keluarga. Membentuk keluarga yang harmonis atau ideal adalah dengan menjaga komunikasi antar anggota keluarga tetap baik dan adanya pemenuhan hak dan kewajiban di antara masing-masing anggota keluarga. Tetapi dengan adanya gadget diera medsos seperti sekarang ini, komunikasi dalam keluarga mulai berkurang dan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam keluarga juga berjalan kurang baik. Problematika kelauarga di era medsos tersebut disuarakan dalam serial drama keluarga medsos di TVRI.
Penelitian ini akan mengkaji fokus masalah yaitu bagaimana pola komunikasi keluarga ideal dan bagaimana pembagian peran dalam keluarga ideal. Sedangkan tujuannya untuk mengetahui pola komunikasi yang ideal dalam keluarga dan pembagian peran dalam keluarga. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis semiotika dengan melihat setiap adegan dan percakapan pada sebuah tayangan. Pada penelitian ini menggunakan semiotika milik Charles Sander Peirce dimana penanda dan petanda biasanya mengacu pada sebuah acuan atau referen yang berada di alam nyata sebagai suatu yang ditandai oleh tanda tersebut.
Hasil penelitian menununjukkan bahwa, Pola komunikasi yang ideal antar anggota keluarga adalah dalam sebuah keluarga terdapat kesetaraan dan keadilan pada masing-masing anggota keluarga. Masing –masing anggota keluarga mendapat hak dan perlakuan yang sama dan tidak membeda-bedakan. Adanya keakraban dan kedekatan yang terjalin antar anggota keluarga. Komunikasi yang terbuka antar orang tua dan anak, dan saling menghargai antar anggota keluarga. Pembagian peran dalam keluarga ideal adalah seorang suami berperan sebagai kepala keluarga dan mencari nafkah untuk keluarganya. Peran seorang ibu yaitu ibu yang mengatur semua urusan rumah tangga dan ibu adalah seorang guru dalam mengatur pendidikan anak-anaknya. Sedangkan peran atau tugas seorang anak dalam keluarga adalah selalu menghormati orang tua dan juga tugas anak yaitu belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anwar Mujahidin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2020 02:35
Last Modified: 10 Jun 2020 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10164

Actions (login required)

View Item View Item