Pengaruh Pelatihan, Kepuasan Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Agrofarm Nusa Raya Ponorogo

Mufidah, Agustina Lailatul (2020) Pengaruh Pelatihan, Kepuasan Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Agrofarm Nusa Raya Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AGUSTINA L.M.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Mufidah, Agustina Lailatul. 2020. Pengaruh Pelatihan, Kepuasan Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Agrofarm Nusa Raya Ponorogo. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah (ES) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Maulida Nurhidayati, M.Si.

Kata Kunci : Sumber Daya Manusia, Hasil Kerja, Kemampuan

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengelolaan kinerja karyawan dalam suatu perusahaan. Kinerja karyawan adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh karyawan itu sendiri dan dapat dinilai berdasarkan kuantitas, kualitas, ketepatan waktu, kreativitas dan kerjasama. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pihak perusahaan sudah memberikan bentuk pelatihan yang sesuai untuk karyawan, memberikan balas jasa atas prestasi kerja yang dihasilkan sehingga karyawan merasa puas serta lingkungan kerja yang nyaman yang seharusnya membuat kinerja karyawan menjadi optimal. Akan tetapi pada kenyataannya kinerja karyawan di PT. Agrofarm Nusa Raya Ponorogo pada bulan Juli sampai Desember 2019 mengalami ketidakstabilan dalam memproduksi pupuk. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Apakah pelatihan berpengaruh terhadap kinerja karyawan, 2) Apakah kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan, 3) Apakah lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan, 4) Apakah pelatihan, kepuasan kerja dan lingkungan kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan PT. Agrofarm Nusa Raya Ponorogo.

Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dengan jumlah sampel dari populasi sebanyak 60 responden karyawan PT. Agrofarm Nusa Raya Ponorogo dengan menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda, uji hipotesis, serta uji koefisien determinasi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai t_hitung > t_tabel atau 4.682 > 2,00247. 2) kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai t_hitung > t_tabel atau 5,151 > 2,00247. 3) lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai t_hitung > t_tabel atau 5,994 > 2,00247. Berdasarkan uji F pelatihan, kepuasan kerja dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dan berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) pelatihan, kepuasan kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan memiliki pengaruh sebesar 46% sedangkan 54% diterangkan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2020 02:55
Last Modified: 10 Jun 2020 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10162

Actions (login required)

View Item View Item