Pengaruh Sertifikat DSN-MUI dan Bonus Poin terhadap Keputusan Bergabung Bisnis PLBS HPAI Wilayah Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun

Khasanah, Uswatul (2020) Pengaruh Sertifikat DSN-MUI dan Bonus Poin terhadap Keputusan Bergabung Bisnis PLBS HPAI Wilayah Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-USWATUL KHASANAH-ETHESIS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keputusan bergabung adalah suatu bentuk tindakan yang dilakukan oleh pelaku usaha dalam memilih salah satu produk atau aktivitas bisnis di antara alternatif yang ada. Faktor yang mempengaruhi keputusan bergabung adalah sertifikat DSN-MUI dan bonus poin. Sertifikat DSN-MUI diberikan pada perusahaan yang dalam menjalankan aktivitas bisnisnya telah sesuai dengan syariah. Adapun bonus poin menjadi keuntungan bagi para mitra yang bergabung dalam bisnis ini. Banyaknya mitra yang telah bergabung, jumlah stockist yang tidak sedikit, serta adanya DC membuktikan bahwa para mitra HPAI pada wilayah Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun telah serius dalam menjalankan bisnis PLBS ini.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah sertifikat DSN-MUI berpengaruh terhadap keputusan bergabung bisnis PLBS HPAI wilayah Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun? (2) Apakah bonus poin berpengaruh terhadap keputusan bergabung bisnis PLBS HPAI wilayah Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun? (3) Apakah sertifikat DSN-MUI dan bonus poin secara simultan berpengaruh terhadap keputusan bergabung bisnis PLBS HPAI wilayah Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian non eksperimen ex-post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 68. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner, dengan skala likert sebagai skala pengukuran. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah 1 dan 2 menggunakan analisis regresi linier sederhana, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah 3 menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Secara parsial sertifikat DSN-MUI berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan bergabung yang ditunjukkan dengan nilai signifikasi 0,003 < nilai sig. 0,05. Adapun pengaruh sertifikat DSN-MUI terhadap keputusan bergabung sebesar 13% dan sisanya 87% dipengaruhi oleh faktor lain. (2) Secara parsial bonus poin berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan bergabung yang ditunjukkan dengan nilai signifikasi 0,000 < nilai sig. 0,05. Adapun pengaruh bonus poin terhadap keputusan bergabung sebesar 44% dan sisanya sebesar 56% dipengaruhi oleh faktor lain. (3) Secara simultan sertifikat DSN-MUI dan bonus poin berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan bergabung, yang ditunjukkan dengan nilai signifikasi 0,000 < nilai sig. 0,05. Adapun pengaruh kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi keputusan bergabung sebesar 44%, sedangkan sisanya sebesar 56% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2020 02:49
Last Modified: 10 Jun 2020 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10160

Actions (login required)

View Item View Item