Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Ayam Jago Sebagai Syarat Pengesahan Calon Anggota Baru Perguruan Pencak Silat di Desa Tunggur Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan

Taqiyudin, Jalil Nur (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Ayam Jago Sebagai Syarat Pengesahan Calon Anggota Baru Perguruan Pencak Silat di Desa Tunggur Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
JALIL NUR TAQIYUDIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Taqiyudin, Jalil Nur. 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Ayam Jago Sebagai Syarat Pengesahan Calon Anggota Baru Perguruan Pencak Silat di Desa Tunggur Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Abid Rohmanu, M.H.I.

Kata Kunci:Jual beli,wadi>’ah, Ayam Jago

Dalam kehidupan bermasyarakat, umat islam sering menemui bentuk-bentuk muamalah. Salah satu bentuk bentuk muamalah adalah jual beli. Setiap transaksi jual beli dianggap sah apabila memenuhi syarat dan rukun jual beli yang telah ditetapkan oleh syara’. Pencak silat merupakan hasil budaya bangsa indonesia. Hal ini sangat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk berternak ayam jago.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Akad Jual Beli Ayam Jago Sebagai Syarat Pengesahan Calon Anggota Baru Perguruan Pencak Silat di Desa Tunggur Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan? 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pengalihan Ayam Jago Tanpa Sepengetahuan Pemilik Ayam Jago Sebagai Syarat Pengesahan Calon Anggota Baru Perguruan Pencak Silat di Desa Tunggur Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan?

Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan wawancara, observasidan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode deduktif, yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan dalil-dalil, teori-teori atau ketentuan yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Dalam praktek jual beli ayam jago di Desa Tunggur, dapat disimpulkan bahwa akad jual beli secara rukun yang dilakukan antara penjual dan pembeli sudah sesuai dengan hukum islam. Sedangkan objek barang (ma’qu>d ‘alaih) ada dua ketegori yaitu kategori pertama sudah sesuai dengan syarat ma’qu>d ‘alaih. Sedangkan yang kedua mempunyai indikasi gharar terhadap kualitas barang tersebut. 2)Praktek pengalihan ayam jago tanpa sepengetahuan pemilik ayam jago sebagai syarat pengesahan calon anggota baru perguruan pencak silathal ini tidak diperbolehkan dalam wadi>’ah yad amanah dikarenakan pihak yang menyimpan barang titipan tidak boleh menggunakan atau memanfaatkan barang titipan tersebut. sedangkan dalam wadi>ah yad dhamanah diperbolehkan karena pihak penerima titipan dengan atau tanpa izin pemilik barang dapat memanfaatkan barang titipan tersebut dan harus bertanggung jawab terhadap kehilangan atau kerusakan barang tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2020 02:53
Last Modified: 10 Jun 2020 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10154

Actions (login required)

View Item View Item