upaya meningkatkan kemampuan asosiasi melalui pembelajaran team games tournament (tgt) berbantuan media questions card pada siswa kelas iii sd negeri uteran 1 geger madiun

pratiwi, aizzha naurah (2020) upaya meningkatkan kemampuan asosiasi melalui pembelajaran team games tournament (tgt) berbantuan media questions card pada siswa kelas iii sd negeri uteran 1 geger madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_AIZZHA NAURAH PRATIWI_210616052_PGMI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pratiwi, Aizzha Naurah. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Asosiasi Melalui Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas III SD Negeri Uteran 1 Geger Madiun. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Anis Afifah, M.Pd..
Kata Kunci: Kemampuan Asosiasi, Team Games Tournament, Questions Card
Semenjak munculnya pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang diusung pada kurikulum 2013 siswa berhak mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan melalui tahapan-tahapan mengamati, menanya, mengekaplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasi. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memberikan pemahaman pada siswa bahwa kompetensi yang diharapkan yaitu dapat menemukan pola dari keterkaitan satu informasi dengan informasi lainnya yang disebut dengan asosiasi.
Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar siswa. Agar kemampuan asosiasi siswa mengalami peningkatan, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas di kelas III SD Negeri Uteran 1 Geger Madiun.
Metode penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaa, pengamatan, dan refleksi. Perencanaan yang dilakukan peneliti yaitu menyusun RPP yang telah disesuaikan dengan materi dan model pembelajaran, media dan alat pembelajara, penataan ruang kelas, reward untuk siswa yang berprestasi. Pelaksanaan sesuai dengan RPP yang telah dibuat oleh peneliti. Saat pembelajaran berlangsung peneliti tidak hanya diam, namun mengamati kegiatan siswa dan membuat catatan lapangan agar peneliti memiliki gambaran kekurangan serta kelebihan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Kemudian merefleksi hasil kegiatan pembelajaran yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan perbaikan di pembelajaran selanjutnya.
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) telah berhasil meningkatkan kemampuan asosiasi siswa kelas III SDN Uteran 1 Geger Madiun tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata kemampuan asosiasi siswa setelah diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada siklus 1 yaitu 82.60% berada pada kategori baik dengan jumlah 19 siswa tuntas dalam mengikuti ulangan harian. Pada siklus 2 persentase ketuntasan meningkat menjadi 91.30% berada pada kategori sangat baik dengan 21 siswa tuntas dalam mengikuti ulangan harian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: anis afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2020 02:50
Last Modified: 10 Jun 2020 02:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10149

Actions (login required)

View Item View Item