Analisis Teori Public Relations Terhadap Kinerja Customer Service Pada Bank BTN Syariah KCPS Madiun

Prasanti, Septiana Eka (2020) Analisis Teori Public Relations Terhadap Kinerja Customer Service Pada Bank BTN Syariah KCPS Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Septiana E.P.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prasanti, Septiana Eka. 2020. Analisis Teori Public Relations Terhadap Kinerja Customer Service Pada Bank BTN Syariah KCPS Madiun. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah.
Kata kunci: Pelayanan, Komunikasi, SOP.
Setiap lembaga keuangan tentunya memiliki kinerja yang harus dicapai oleh karyawan. Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja dan peran kepelayanan customer service Bank BTN Syariah KCPS Madiun, alasan menggunakan dua bahasa dalam kepelayanannya, dan implementasi komunikasi dua bahasa terhadap citra bank.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan beberapa hal yang mencakup kinerja pelayanan customer service, komunikasi customer service dan implikasi komunikasi dua bahasa terhadap citra Bank BTN Syariah Kantor Cabang Pembantu Syariah Madiun. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil analisis data tersebut bahwa secara umum kinerja customer service pada Bank BTN Syariah Kantor Cabang Pembantu Syariah Madiun telah ditentukan oleh pihak bank dalam upaya meningkatkan kepuasan nasabah dalam memberikan pelayanan terhadap nasabah, keramahan dalam memberikan pelayanan, dan penyampaian informasi yang dilakukan ketika melayani nasabah. Alasan menggunakan komunikasi dua bahasa adalah untuk mempermudah customer service dalam menyampaikan informasi dengan nasabah dan untuk menciptakan nilai positif untuk mendapatkan pengertian masyarakat. Implikasi komunikasi dua bahasa terhadap citra bank dapat meningkatkan image perusahaan yang berdampak positif bagi nasabah sehingga mendapatkan nilai baik karena tidak mempersulit nasabah dalam melakukan komunikasi. Dalam menyelesaikan atas permasalahan kesenjangan komunikasi perusahaan dapat memberikan pelayanan yang telah dijanjikan dengan segera, akurat dan memuaskan. Untuk mengatasinya adalah menerbitkan SOP (Standar Operasional Prosedur) pelayanan nasabah dengan tepat dan meningkatkan sumber daya manusia pada customer service.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2020 02:40
Last Modified: 10 Jun 2020 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10141

Actions (login required)

View Item View Item