Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Praktik Kemitraan Budidaya Cacing Lumbricus Rubellus pada Kelompok Agribisnis "Mandiri Sejahtera" Desa Baleasri Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan

Munasaroh, Anisa (2020) Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Praktik Kemitraan Budidaya Cacing Lumbricus Rubellus pada Kelompok Agribisnis "Mandiri Sejahtera" Desa Baleasri Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi_Anisa_Munasaroh_e_thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Etika bisnis Islam adalah seperangkat nilai tentang baik, buruk, terpuji, tercela, benar, salah, wajar, tidak wajar, pantas, maupun tidak pantas dari perilaku seseorang dalam berbisnis atau bekerja berdasarkan prinsip moralitas tanpa mengesampingkan nilai-nilai ajaran Islam. Ada 5 aksioma dalam etika bisnis Islam, yakni unity (ketuhanan), equilibrium (keadilan), free will (kehendak bebas), responbility (tanggung jawab), dan benevolence (kebajikan). Fokus dalam penenlitian ini adalah menegani praktik kemitraan dalam Kelompok Agribisnis “Mandiri Sejahtera” dari segi pemasaran dan penetapan harga ditinjau dari etika bisnis Islam. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dari segi pemasaran kelompok agribisnis “Mandiri Sejahtera” memiliki kendali secara penuh dalam memasarkan cacing panen para mitra. Hal ini tidak sesuai dengan aksioma etika bisnis Free Will (Kehendak bebas) dan Benevolence. Sedangkan dari segi penetapan harga kelompok agribisnis “Mandiri Sejahtera” memiliki kekuasaan secara mutlak untuk menetapkan atas harga beli cacing dari para mitra. Dalam hal ini tidak sesuai dengan aksioma Unity (Ketuhanan), Equilibriumn (Keadilan/Keseimbangan), dan Free Will (Kehendak bebas).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2020 02:18
Last Modified: 10 Jun 2020 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10115

Actions (login required)

View Item View Item