[SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BELLUM ADA TTD] Komparasi Tingkat Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada Pembelajaran Matematika antara yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Media Gambar di MI Maarif Setono Tahun Ajaran 2019/2020

Khoiriyah, Iin (2020) [SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BELLUM ADA TTD] Komparasi Tingkat Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada Pembelajaran Matematika antara yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Media Gambar di MI Maarif Setono Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi iin-1.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Khoiriyah, Iin. 2020. Komparasi Tingkat Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika antara yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Media Gambar Kelas V di MI Ma’arif Setono Tahun Ajaran 2019/2020. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kurnia Hidayati, M.Pd.
Kata Kunci:Berpikir Kritis, menggunakan,tidak menggunakan media gambar
Pembelajaran merupakan suatu pelayanan terhadap peserta didik yang berkaitan dengan potensi, bakat dan minat. Dalam pembelajaran seorang pendidik pastilah memiliki banyak cara untuk menyampaikan pembelajaran salah satunya menggunakan media gambar. Dan pelajaran yang menggunakan media gambar dan tidak menggunakan media gambar pasti terdapat perbedaan, pengalaman dan ilmu yang didapat oleh siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat berpikir kritis antara yang menggunakan dan tidak menggunakan media gambar serta adakah perbedaan tingkat berpikir kritis antara yang menggunakan dan tidak menggunakan media gambar pada pembelajaran matematika siswa kelas V MI Ma’arif Setono Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan terdapat dua variabel yaitu x1 tingkat berpikir kritis yang menggunakan media gambar pada pembelajaran matematika dan x2 tingkat berpikir kritis yang tidak menggunakan media gambar pada pembelajaran matematika. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah populasi kelas 5 A yang berjumlah 20 siswa yang menggunakan media gambar dan 20 siswa kelas V B yang tidak menggunakan media gambar. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan angket. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknis komparasi tes t.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa tingkat berpikir kritis siswa kelas V MI Ma’arif Setono dengan menggunakan media gambar termasuk kategori tinggi dengan frekuensi sebanyak 5 orang (25%), siswa yang memiliki kategori sedang 14 orang (70%), dan siswa yang memiliki kategori kurang sebanyak 1 orang (5%). Begitu juga dengan tingkat berpikir kritis pada pembelajaran matematika yang tidak menggunakan media gambar siswa kelas V MI Ma’arif Setono siswa yang memiliki tingkat berpikir kritis tinggi tidak ada, siswa yang memiliki tingkat berpikir kritis sedang sebanyak 14 orang (70%), dan siswa yang kurang memiliki tingkat berpikir kritis sebanyak 6 orang (30%). Hasil dikonsultasikan dengan tabel nilai “t”. Pada taraf signifikasi 5% thitung = 2,35 dan ttabel = 2,02 maka thitung > ttabel. 2,35 > 2,02, dengan ini thitung lebih besar maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika antara yang menggunakan dan tidak menggunakan media gambar siswa kelas V MI Ma’arif Setono Ponorogo tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2020 01:55
Last Modified: 09 Jun 2020 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10092

Actions (login required)

View Item View Item