Tinjauan Maqasid Al-Shari'ah Terhadap Pelaksanaan Program Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) di Desa Ngebel Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo

Marian, Gardian (2020) Tinjauan Maqasid Al-Shari'ah Terhadap Pelaksanaan Program Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) di Desa Ngebel Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESES IAIN PONOROGO GARDIAN MARIAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Marian, Gardian. 2020. Tinjauan Maqasid Al-Shari’ah Terhadap Pelaksanaan Program Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) Di Desa Ngebel Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Hj. Atik Abidah, M.S.I.

Kata Kunci: Maqasid Al-Shari’ah, Pelaksanaan Program PIID-PEL

Sesuai visi Presiden Republik Indonesia yakni membangun Indonesia dari desa dan pinggiran melalui Alokasi Dana Desa (ADD) terbukti dapat mensejahterakan masyarakat. Kesejahteraan merupakan bentuk kemaslahatan dari maqasid al-shari’ah yang terdiri dari lima konsep yang wajib dipelihara yaitu hifz al-din (memelihara agama), hifz al-nafs (memelihara jiwa), hifz al-aql (memelihara akal), hifz al-nasl (memelihara keturunan) dan hifz al-mal (memelihara harta). Mencermati hal tersebut Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menetapkan program PIID-PEL dengan tujuan utama mendorong produktivitas pada ekonomi lokal dan kelembagaan ekonomi desa dengan dibentuk kerjasama kemitraan. Melalui kriteria penetapan penerima program diberikanlah program tersebut kepada Pemerintah Desa Ngebel. Namum pada praktik kemitraan tersebut, terdapat pelaku kerjasama yang tidak memperhatikan standar kinerja yang ditetapkan yakni pada Pelaku Bisnis Profesional (PBP). Dengan diberikannya program tersebut kemitraan yang ada di Pemerintah Desa Ngebel wajib melaksanakan program secara tepat dan bijak, karena melihat dari awal adanya dana desa di pemerintah Desa Ngebel penggunaannya lebih terarah pada pembangunan sarana prasarana saja.

Berawal dari latar belakang tersebut, maka penelitian ini terdapat dua fokus pembahasan yaitu: Bagaimana tinjauan maqasid al-shari’ah terhadap kerjasama kemitraan pelaksanaan program PIID-PEL di Desa Ngebel dan bagimana tinjauan maqasid al-shari’ah terhadap ADD pelaksanaan program PIID-PEL di Desa Ngebel Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini diambil melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tinjauan maqasid al-shari’ah terhadap kerjasama kemitraan pelaksanaan program PIID-PEL di Desa Ngebel sudah sesuai maqasid al-shari’ah karena antar pihak yang bekerjasama dalam kemitraan sudah bekerja sesuai perannya masing-masing, walaupun belum sesuai kelima konsep dari maqasid al-shari’ah dan pada praktiknya di pihak PBP kurang memaksimalkan standar kerja yang ditetapkan. Adapun tinjauan maqasid al-shari’ah terhadap ADD pelaksanaan progam PIID-PEL di Desa Ngebel sudah sesuai maqasid al-shari’ah karena ADD yang diberikan guna peningkatan ekonomi lokal produktif sudah teraplikasikan berbentuk sektor pariwisata Ngebel Adventure Park dan memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, akan tetapi implemantasi dari kelima konsep maqasid al-shari’ah semua belum terpenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2020 01:50
Last Modified: 09 Jun 2020 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10089

Actions (login required)

View Item View Item