Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Sewa Dekor Panggung Pernikahan di Eny Tisya Wedding Desa Jeruk Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan

Ruminatin, Harsida (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Sewa Dekor Panggung Pernikahan di Eny Tisya Wedding Desa Jeruk Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
THESIS HARSIDA RUMINATIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ruminatin, Harsida, 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Sewa Dekor Panggung Pernikahan di Eny Tisya Wedding Desa Jeruk Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Saifullah,M.Ag.
Kata kunci: Hukum Islam, Sewa menyewa
Salah salah satu bentuk muamalah adalah sewa menyewa (ijarah) dimana akad ijarah dipandang sah apabila sudah memenuhi rukun dan syaratnya. Seperti halnya transaksi sewa menyewa dekor panggung pernikahan di Eny Tisya Wedding Desa Jeruk Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan. Dalam praktiknya di Eny Tisya Wedding menerapkan akad dengan sistem paket dekor panggung pernikahan yang terdiri dari paket satu, dua dan paket tiga. Pada akad penetapan ujrah pun pada sewa menyewa dekor panggung pernikahan ini tidak tetap dan berubah-ubah sesuai keinginan customer, ujrah pun juga mengalami kenaikan dan penurunan tanpa adanya penjelasan secara jelas yang dijelaskan di akad awal. Selain terkait akad dalam sistem paket serta akad terkait ujrahnya, praktik pembayaranya pun tidak ditetapkan secara jelas akan waktu pembayaran dan pelunasannya sehingga mengakibatkan adanya ketidakadilan sehingga merugikan salah satu pihak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap akad dalam sistem paket pada persewaan dekor Panggung Pernikahan di Eny Tisya Wedding Desa Jeruk Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan? (2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap praktik pembayaran pada persewaan dekor Panggung Pernikahan di Eny Tisya Wedding Desa Jeruk Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan?
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode deduktif.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Akad pada persewaan ini ada beberapa syarat dan rukun ijarah yang tidak terpenuhi yaitu sighat (ijab qabul) karena dalam transaksi tersebut mengandung unsur keterpaksaan dan ketidakrelaan. Selain itu, dalam hal manfaat juga tidak terpenuhi karena dalam akad ijarah harus diketahui secara spesifik (ma’lum), meliputi fisik barangnya, kriteria dan ciri-cirinya, serta kadar manfaatnya. (2) Praktik waktu pembayaran sewa yang dilakukan tidak sesuai dengan Hukum Islam karena pembayaran ujrah tidak dilakukan ketika pekerjaan telah selesai selain itu tidak adanya kesepakatn di awal saat terjadinya akad sehingga hal tersebut menyebabkan ketidakadilan dan adanya ketidak ridhoan di salah satu pihak yang bertransaksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Saifullah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2020 01:46
Last Modified: 09 Jun 2020 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10085

Actions (login required)

View Item View Item