[file belum ada] POLA KETERKAITAN RASA INGIN TAHU DAN INTERNALISASI-INTERKONEKSI NILAI QUR’ANI PESERTA DIDIK PADA MATERI IPA DI MADRASAH PONOROGO

Jannah, Fatkul (2020) [file belum ada] POLA KETERKAITAN RASA INGIN TAHU DAN INTERNALISASI-INTERKONEKSI NILAI QUR’ANI PESERTA DIDIK PADA MATERI IPA DI MADRASAH PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Jannah, Fatkul. 2020. Pola Keterkaitan Rasa Ingin Tahu dan Internalisasi-Interkoneksi Nilai Qur’ani Peserta Didik Pada Materi IPA di Madrasah Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Wirawan Fadly, M. Pd

Kata kunci: Rasa Ingin Tahu, Internalisasi-Interkoneksi
Dalam perkembangan usia dari jenjang MI, MTs, dan MA setiap anak memiliki rasa ingin tahu yang berbeda-beda. Rasa ingin tahu merupakan salah satu karakter ilmiah yang menjadi tujuan penting dalam dunia pendidikan. Selain itu, dalam pembelajaran IPA masih banyak siswa yang belum mengetahui bahkan belum diperkenalkan tentang penghayatan nilai-nilai Al-Qur’an dalam pembelajaran IPA. Sehingga, penghayatan nilai-nilai Al-Qur’an dalam pembelajaran IPA menjadi poin penting untuk memupuk rasa ingin tahu siswa dalam mengungkap kejadian atau fenomena ilmiah di sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1)profil rasa ingin tahu siswa dan internalisasi-interkoneksi, 2)level rasa ingin tahu siswa dan internalisasi-interkoneksi, 3)faktor pendukung rasa ingin tahu siswa dan internalisasi-interkoneksi, 4)pola keterkaitan rasa ingin tahu dan internalisasi-interkoneksi nilai Qur’ani dengan materi IPA di Madrasah Ponorogo. Metode penelitian penelitian yang sudah dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan desain naturalistic.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling sebanyak 7 orang yang tersebar dari jenjang MI, MTs, dan MA. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisa melalui deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1)profil rasa ingin tahu siswa pada setiap jenjang memiliki kecendurang dikaitkan dengan kejadian di lingkungan sekitar yang teramati, berkembang sesuai pengalaman dan usia, mampu melakukan internalisasi-interkoneksi konteks kejadian Alam dengan ayat Al-Qur’an apabila telah mencapai tahapan menjelajah (adventures); 2)level rasa ingin tahu siswa tingkat MI pada aspek bertanya, tingkat MTs yaitu aspek menemukan, dan tingkat MA pada aspek menjelajah. Level kemampuan internalisasi-interkoneksi siswa tingkat MI masih bersifat parsial yang mana sains dan al-Qur’an masih dimaknai tidak memiliki keterkaitan secara langsung, pada tingkat MTs pada level internalisasi dan interkoneksi awal, sedangkan tingkat MA pada level internalisasi dan interkonesi lanjut; 3)rasa ingin tahu dan internalisasi-interkoneksi Qur’ani dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekitar, pengetahuan dan kemampuan seseorang, permasalahan yang muncul, motivasi internal, pengalaman, inisiatif dan antusias, kreativitas, panca indra, tingkah laku, pemahaman, pendekatan tekstual dan konstektual; 4)pola keterkaitan rasa ingin tahu siswa dan internalisasi-interkoneksi nilai Qur’ani pada materi IPA menciptakan kemampuan akomodasi spiritual-ilmiah karena adanya rangsangan dalam bentuk Insentif, Atensi, Dogma Ilmiah, dan Interpretasi Spiritual. Rasa ingin tahu dan internalisasi-interkoneksi nilai Qur’ani pada materi IPA merupakan aspek spiritual yang perlu digencarkan dalam dunia pendidikan terutama dalam bidang sains. Kedua asek ini perlu diterapkan dalam lingkungan pendidikan sebagai penunjang inovasi pendidikan menuju karakter bangsa yang kompetetif dalam bidang keilmiahan dan spiritual.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2020 01:44
Last Modified: 09 Jun 2020 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10084

Actions (login required)

View Item View Item