Pelaksanaan Metode AN-Nahdliyah dan Metode BASMALAH Pada Ekstrakurikuler BTQ Kelas VII di SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo

Wasiah, Rohmatul (2020) Pelaksanaan Metode AN-Nahdliyah dan Metode BASMALAH Pada Ekstrakurikuler BTQ Kelas VII di SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi upload (2) Rohmatul Wasiah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wasiah, Rohmatul. 2020. Pelaksanaan Metode An-Nahdliyah dan Metode BASMALAH Pada Ekstrakurikuler BTQ Kelas VII di SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fery Diantoro, M.Pd.I.
Kata Kunci : Ekstrakurikuler, BTQ, Metode An-Nahdliyah, Metode BASMALAH
Dalam rangka meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo, pembelajaran Al-Qur’an diperlukan sebuah metode pembelajaran yang dengannya akan membuat peserta didik lebih mudah dalam mempelajari Al-Qur’an. Metode yang digunakan di SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo menjadikan kombinasi metode An-Nahdliyah dan metode BASMALAH sebagai metode pembelajaran Al-Qur’an, Karena metode tersebut dianggap praktis dan sesuai untuk pembelajaran para pemula yaitu dalam hal ini sasarannya adalah kelas VII.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui latarbelakang dilaksanakannya ekstrakurikuler BTQ kelas VII di SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo (2) mengetahui bagaimana pelaksanaan metode An-Nahdliyah dan metode BASMALAH pada Ekstrakurikuler BTQ Kelas VII. (2) mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode An-Nahdliyah dan metode BASMALAH pada Ekstrakurikuler BTQ Kelas VI. (3) mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan metode An-Nahdliyah dan metode BASMALAH pada Ekstrakurikuler BTQ Kelas VII.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) serta dilaksanakan di SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) latarbelakang dilaksanakannya ekstrakurikuler BTQ kelas VII di SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo adalah untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an. (2) Pelaksanaan metode An-Nahdliyah dan metode BASMALAH pada ekstrakurikuler BTQ kelas VII di SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo di antaranya persiapan bembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. (3) Faktor–faktor pendukungnya adalah a) siswa sudah memiliki bekal pembelajaran Al-Qur’an diluar sekolah, b) terfasilitasi jilid dan prestasinya, c) guru BTQ yang mumpuni, d) waktu disiapkan dari sekolahan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah a) minat siswa yang tidak konsisten, b) siswa membolos. (4) Tingkat keberhasilan pelaksanaan metode An-Nahdliyah dan metode BASMALAH pada ekstrakurikuler BTQ kelas VII di SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo dapat dikatakan sesuai harapan, Hal ini terbukti dari hasil evaluasi bersama para guru ekstrakurikuler keagamaan pada hasil akhir semester siswa yang dituliskan kedalam rapot.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2020 01:42
Last Modified: 09 Jun 2020 01:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10082

Actions (login required)

View Item View Item