Penggunaan Musik dalam Aktivitas Dakwah oleh Orkestra Ronggo Jumeno Madiun.

Masitah, Dwi Nur (2020) Penggunaan Musik dalam Aktivitas Dakwah oleh Orkestra Ronggo Jumeno Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Etheses Dwi Nur Masitah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Islam saat ini menjadi agama mayoritas di Indonesia. Untuk menyebarkan ajarannya, Islam menggunakan berbagai cara di antaranya dengan berdakwah. Tetapi ada sebagian orang mengartikan istilah dakwah identik dengan pengajian, khutbah, dan arti-arti sempit yang lainnya. Penyampaian dakwah tak hanya berupa mimbar atau sosial media, tetapi juga bisa menggunakan kesenian sebagai media untuk berdakwah. Seperti yang kita ketahui, Sunan Kalijaga menggunakan budaya Jawa berupa kesenian wayang kulit yang disisipi ajaran agama Islam dalam penyampaian dakwahnya. Begitu juga yang dilakukan oleh Orkestra Ronggo Jumeno di Madiun yang menggunakan alat musik orkestra dalam penyampaian dakwahnya.
Berdasarkan pada latar belakang tersebut, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana media (alat musik) yang digunakan oleh Orkestra Ronggo Jumeno Madiun dalam dakwah Islam? (2) Bagaimana metode yang digunakan oleh Orkestra Ronggo Jumeno Madiun dalam dakwah Islam? (3) Bagaimana respon masyarakat terhadap Orkestra Ronggo Jumeno Madiun dalam dakwah Islam?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pengamatan atau observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian melakukan proses pengolahan data dengan menganalisis data lapangan, hasil wawancara dan observasi berdasarkan teori yang relevan.
Hasil penelitian berdasarkan metode analisis yang telah dilakukan peneliti, yaitu: (1) Media atau alat musik yang digunakan oleh Orkestra Ronggo Jumeno dalam dakwah Islam tersebut menggunakan dua media yaitu Spoken words dan The audio visual. Sedangkan dari segi sifatnya orkestra ini termasuk ke dalam golongan media tradisional dan media modern. (2) Metode yang digunakan oleh Orkestra Ronggo Jumeno dalam dakwah Islam tersebut dapat dikategorikan ke dalam metode Al-Mau’idzah al-Hasanah atau bersifat mendidik dan mengingatkan. (3) Respon masyarakat terhadap Orkestra Ronggo Jumeno dalam dakwah Islam termasuk ke dalam efek kognitif, yakni ketika ada perubahan pada apa yang diketahui, dipahami, atau dipersepsi oleh khalayak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Choirul Rofiq
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2020 01:35
Last Modified: 09 Jun 2020 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10075

Actions (login required)

View Item View Item