Pengaruh Faktor Personal, Lingkungan Keluarga, Dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Minat Wirausaha pada Masyarakat Usia Produktif Di Ponorogo

Wulandari, Diana Sri (2020) Pengaruh Faktor Personal, Lingkungan Keluarga, Dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Minat Wirausaha pada Masyarakat Usia Produktif Di Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
e-theses Diana Sri Wulandari -210716037-ES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wulandari, Diana Sri. Pengaruh Faktor Personal, Lingkungan Keluarga, Dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Minat Wirausaha Pada Masyarakat Usia Produktif Di Ponorogo. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah (ES) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing Dr. Shinta Maharani, S. E., M. Ak.
Kata kunci: Karakteristik Masyarakat, Kepribadian, Faktor Internal dan Eksternal, Kewirausahaan.
Faktor personal, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat yang baik dapat menciptakan kegiatan wirausaha-wirausaha yang menguntungkan dan dapat bersaing. Keadaan tersebut akan menumbuhkan wirausahawan yang handal, sehingga mendorong untuk terciptanya kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. Namun terdapat keresahan penduduk tentang masa depan ekonomi yang tidak menentu, hal ini dilihat dari faktor psikologis yang membentuk sikap negatif masyarakat sehingga kurang berminat terhadap potensi wirausaha. Angkatan kerja Indonesia (15 tahun ke atas) lebih senang bekerja sebagai buruh/karyawan dan pegawai. Lulusan SMP dan SMK menjadi penyumbang angka pengangguran tertinggi di Ponorogo.
Maka dilakukan penelitian untuk membantu menjawab keresahan penduduk dengan cara mencari sebab-sebab rendahnya minat berwirausaha dan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan cara melakukan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang berjumlah 96 responden, sedangkan penggumpulan data dengan angket (kuesioner). Analisis data menggunakan uji instrument yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi linier berganda, uji R square, uji F, dan uji t.
Benar ada pengaruhnya, dalam penelitian saya ini faktor personal, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat baik secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap peningkatan minat wirausaha yang signifikan sebesar 54,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Oleh karenanya para penduduk untuk tetap memperhatikan personal, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat agar dapat menumbuhkan wirausaha-wirausaha yang handal sehingga mendorong untuk terciptanya kesejahteraan masyarakat yang lebih baik dengan cara selalu berorientasi ke masa depan dan memiliki keyakinan yang tinggi untuk bisa bersaing dengan usaha orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2020 01:33
Last Modified: 09 Jun 2020 01:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10072

Actions (login required)

View Item View Item