Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Mlarak Tahun Pelajaran 2019/2020

Wafiroh, A'yin Zahrotul (2020) Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Mlarak Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316095_A'YIN ZAHROTUL WAFIROH-dikonversi (1).pdf

Download (747kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Zahrotul Wafiroh, A’yin. 2020. Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Mlarak Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M.Pd.
Kata Kunci: Peran Guru PAI, Karakter Religius
SMPN 1 Mlarak merupakan satu-satunya sekolah Negeri yang ada di Kecamatan Mlarak. Seiring berkembangnya zaman, sekolah ini tidak hanya mengedepankan siswa yang cerdas dalam ilmu pengetahuannya saja akan tetapi harus seimbang dengan akhlakul karimahnya. Meskipun notabenya Negeri akan tetapi suasananya sangat religius, akhirnya guru PAI berinisiatif mengadakan program yakni kegiatan muhadhoroh, kegiatan Jum’at pagi, penataan sandal sebelum melaksanakan sholat berjama’ah, serta kegiatan ini mampu meningkatkan karakter religius siswa kelas VIII dan tidak terdapat di sekolah Negeri yang lain serta semakin berkembang. Peran guru PAI disini disamping untuk mengajar agama, tetapi juga membentuk karakter siswa sesuai dengan syariat Islam.
Tujuan diadakan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui karakter religius siswa kelas VIII di SMPN 1 Mlarak, 2) untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa kelas VIII di SMPN 1 Mlarak, 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa kelas VIII di SMPN 1 Mlarak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data adalah reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Karakter religius siswa kelas VIII berjalan dengan baik, dapat dilihat mulai dari berangkat sekolah membawa wudhu dari rumah, sesampai di sekolah disambut bapak/ibu guru piket dan berjabat tangan serta mengucapkan salam. Pukul 06.45-07.00 siswa-siswi memasuki kelas untuk membaca surat-surat pendek dan dipandu salah satu anggota yang mendapatkan jadwal dengan satu sumber suara. 2) Peran guru PAI yaitu membentuk siswa-siswi yang berakhlakul karimah dengan membimbing, mengarahkan, melaksanakan program kegiatan keagamaan. Meliputi sholat dhuhur berjama’ah, sholat dhuha berjama’ah, pembiasaan membaca al-qur’an setiap pagi, kegiatan Jum’at pagi, ekstrakurikuler keagamaan. 3) Faktor pendukung yakni mendapatkan dukungan dan toleransi dari guru lain, mayoritas siswa-siswi beragama Islam dan dari lingkungan muslim. Faktor penghambat yaitu pengaruh dari keluarga dan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2020 01:30
Last Modified: 09 Jun 2020 01:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10068

Actions (login required)

View Item View Item