Analisis Keputusan Nasabah Pensiunan Melakukan Take Over Pembiayaan Di BRI Syariah Kantor Cabang Kediri

Hana, Binti Yusrol (2020) Analisis Keputusan Nasabah Pensiunan Melakukan Take Over Pembiayaan Di BRI Syariah Kantor Cabang Kediri. Undergraduate (S1) thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_BINTI YUSROL HANA_210816164.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hana, Binti Yusrol. Analisis Keputusan Nasabah Pensiunan Melakukan Take Over Pembiayaan Di BRI Syariah Kantor Cabang Kediri. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Program Studi Perbankan Syariah
Kata kunci: Alasan, Mekanisme, Nasabah.
Dalam mengambil keputusan untuk melakukan take over pembiayaan nasabah purna tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor yang menjadikan nasabah purna memutuskan untuk melakukan take over pembiayaan. Alasan penulis melakukan penelitian pada nasabah purna dikarenakan banyaknya nasabah purna yang ingin melakukan take over pembiayaan di BRI Syariah KC Kediri yang pada 31 Oktober 2019 terakhir ini berjumlah 300 nasabah purna. Dimana nasabah tersebut berasal dari berbagai macam bank diantaranya dari BRI Konvensional, bank jatim, bank bukopin, BTPN, BSM, BNI 46 dan masih banyak lagi. Berdasarkan latar belakang masalah di atas rumusan masalah skripsi ini adalah apa yang melatarbelakangi nasabah purna melakukan take over pembiayaan di BRI Syariah KC Kediri? Dan bagaimana mekanisme take over pembiayaan untuk nasabah purna di BRI Syariah KC Kediri?
Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode field research karena peneliti dalam melakukan pencarian data serta pemngumpulan data dilakukan di tempat terjadinya fenomena atau kasus tertentu terjadi. Dan menggunakan pendekatan kualitatif karena penelitian ini menghasilkan data atau kata-kata baik secara tertulis maupun lisan dari orang-orang yang diwawancarai maupun diamati.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang melatarbelakangi nasabah purna melakukan take over pembiayaan di BRI Syariah KC Kediri adalah faktor kebutuhan, faktor margin, faktor lokasi, faktor proses, faktor plafon, faktor fasilitas. Dan mekanisme take over pembiayaan untuk nasabah purna di BRI Syariah KC Kediri adalah untuk akad yang digunakan dalam pelaksanaan take over di BRI Syariah KC Kediri sudah sesuai dengan fatwa DSN-MUI/VI/2002 tentang pengalihan hutang yaitu qardh dan murabahah, syirkah al-milk dan murabahah, qardh dan ijarah, dan qardh dan ijarah muntahiyah bittamlik. Namun ada beberapa hal yang harus di perhatikan lagi khususnya pada saat proses pelaksanaan take over pada saat penentuan waktu pelusanan serta penarikan agunan dan juga pada waktu pelunasan serta penarikan agunan yang seharusnya dilakukan oleh ketiga pihak yang terkait yaitu nasabah yang melakukan take over, bank yang nasabahnya di take over, bank yang melakukan take over dengan terlibat secara langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudhlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2020 01:27
Last Modified: 09 Jun 2020 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10057

Actions (login required)

View Item View Item