Strategi Konvergensi Radio Songgolangit FM di Tengah Persaingan Industri Penyiaran di Ponorogo

Devi, Imasnyti Ciptanti (2020) Strategi Konvergensi Radio Songgolangit FM di Tengah Persaingan Industri Penyiaran di Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESIS_IMASNYTI CIPTANTI DEVI_211016082.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Imasnyti Ciptanti Devi. 2020. Strategi Konvergensi Radio Songgolangit FM di Tengah Persaingan Industri Penyiaran di Ponorogo. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Iswahyudi, M.Ag.

Kata Kunci: Konvergensi, Radio, Penyiaran.

Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, memicu persaingan yang ketat antar sebuah media untuk merebut posisinya. Salah satunya media radio. Kemunculan internet yang dianggap sebagai media baru membuat radio terus bersaing. Di era konvergensi media yang muncul saat ini, radio yang dianggap sebagai media tradisional harus dapat bertahan di tengah persaingan industri penyiaran yang semakin ketat untuk memperluas audien dan mendapatkan iklan. Hal tersebut terjadi di Radio Songgolangit FM Ponorogo yang dianggap sudah menerapkan praktik konvergensi media. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan strategi konvergensi radio Songgolangit FM di tengah persaingan industri penyiaran di Ponorogo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dimiliki Radio Songgolangit FM kemudian menguraikan pokok bahasan yang ditelitit tersebut.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka terdapat rumusan masalah. Adapun pertanyaan pertama, yaitu bagaimana konvergensi radio Songgolangit FM di tengah persaingan industry penyiaran di Ponorogo. Pertanyaan kedua yaitu bagaimana implikasi dari praktik konvergensi radio Songgolangit FM di tengah persaingan industri penyiaran di Ponorogo.
Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa strategi konvergensi radio Songgolangit FM menggunakan 3M yaitu multimedia, multichannel, dan multiplatform. Dimana informasi tersajikan dala berbagai format mulai dari foto, video, teks, dan audio. Sementara itu seluruh informasi tidak hanya disampaikan melalui radio siaran akan tetapi diunggah melalui sosial media dan dapat diakses melalui perangkat khalayak masing-masing. Implikasi dari praktik konvergensi radio Songgolangit terbagi dalam implikasi sosial, budaya dan ekonomi. Sehingga, dengan dampak yang ditimbulkan, radio Songgolangit FM dapat memanfaatkan era konvergensi agar tetap bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan industri penyiaran khususnya di Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 05:53
Last Modified: 08 Jun 2020 05:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10055

Actions (login required)

View Item View Item