persepsi guru dan siswa kelas tinggi tentang profil guru ideal di sdn mojorayung 01 kecamatan wungu kabupaten madiun

Fauziyah, Dian Nur (2020) persepsi guru dan siswa kelas tinggi tentang profil guru ideal di sdn mojorayung 01 kecamatan wungu kabupaten madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616013_DIAN NUR FAUZIYAH.pdf

Download (686kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fauziyah, Dian Nur. 2020. Persepsi Guru dan Siswa Kelas Tinggi tentang Profil Guru Ideal di SDN Mojorayung 01 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Faninda Novika Pertiwi, M.Pd.
Kata Kunci : Persepsi Guru, Persepsi Siswa, Guru Ideal.
Persepsi adalah suatu kesan orang atau sekelompok orang terhadap sesuatu yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Sebuah persepsi dalam dunia pendidikan akan mempengaruhi proses pembelajaran. Hal ini terjadi karena guru merupakan obyek utama yang selalu dilihat siswa di dalam kelas dan menjadi fokus utama yang sangat penting bagi siswa untuk dapat belajar dengan baik. Dengan demikian, siswa akan membentuk opini atau persepsi mengenai gurunya. Persepsi siswa terhadap guru mempengaruhi minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Persepsi yang baik akan membawa dampak yang baik bagi siswa. Apabila persepsi siswa terhadap guru baik, maka siswa akan cenderung mengikuti pembelajaran di kelas dengan baik dan akan memperoleh hasil belajar yang maksimal, tetapi jika persepsi siswa terhadap guru buruk, maka akan membawa dampak buruk bagi siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar, sehingga pada akhirnya akan berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Persepsi guru tentang profil guru ideal juga sangat penting. Apabila guru memiliki persepsi yang baik terhadap profil guru ideal, maka seorang guru akan selalu berusaha meningkatkan kompetensi mengajarnya dan menjadi sosok guru yang disenangi siswanya. Apabila persepsi guru tentang profil guru ideal buruk, maka seorang guru akan acuh tak acuh terhadap siswanya, dan guru tidak peduli dengan siswa yang mengalami kesulitan belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui persepsi guru kelas tinggi tentang profil guru ideal di SDN Mojorayung 01 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun, (2) mengetahui persepsi siswa kelas tinggi tentang profil guru ideal di SDN Mojorayung 01 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berdasarkan teori Miles dan Huberman dengan urutan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Persepsi guru kelas tinggi tentang profil guru ideal di SDN Mojorayung 01 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun yaitu guru harus mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, mampu mengevaluasi siswa, mempunyai disiplin tinggi, selalu memotivasi siswa, membuat pembelajaran menyenangkan (PAIKEM) bagi siswa, senantiasa melakukan pembaharuan atau berinovasi dalam pembelajaran, mampu membimbing siswa, dan dapat menjadi suri tauladan yang baik bagi siswa. (2) Persepsi siswa kelas tinggi tentang profil guru ideal di SDN Mojorayung 01 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun yaitu sabar, baik hati, ramah, suka bercerita, perhatian, menyampaikan materi dengan jelas, penyayang, disiplin, tegas, bisa berkomunikasi dengan baik, berpengetahuan luas, tidak pilih kasih, tidak sombong, tidak membentak-bentak, dan tidak suka marah-marah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 05:54
Last Modified: 08 Jun 2020 05:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10054

Actions (login required)

View Item View Item