Analisis Strategi Pendampingan Partisipatif Dalam Pembuatan Batik Ciprat Pada Organisasi Tunagrahita Sambung Roso Magetan

Wiguna, Aji Wahyu (2020) Analisis Strategi Pendampingan Partisipatif Dalam Pembuatan Batik Ciprat Pada Organisasi Tunagrahita Sambung Roso Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi aji wahyu wiguna.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Wiguna, Aji Wahyu. 2020. Analisis Strategi Pendampingan Partisipatif Dalam Pembuatan Batik Ciprat Pada Organisasi Tunagrahita Sambung Roso Magetan. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Ponorogo. Agung Eko Purwana, SE, MSI.
Kata Kunci: efektifitas, proses produksi, pemasaran, kesejahteraan.
Pendampingan partisipatif merupakan pendampingan yang dilakukan dalam rangka membantu anak-anak disabilitas untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya secara mandiri. Salah satu yang menerapkan strategi tersebut adalah organisasi tunagrahita Sambung Roso Magetan. Melalui program pembuatan batik ciprat, Sambung Roso mulai melakukan pendampingan ekonomi. Seiring berjalannya waktu, permintaan terhadap batik pun meningkat. Peningkatan ini tidak dibarengi dengan peningkatan produksi sehingga para pendamping kewalahan dalam menerima pesanan dari konsumen. Apabila hal itu dibiarkan terus menerus akan banyak konsumen yang merasa ditelantarkan yang berakibat pada ketidak percayaan konsumen pada organisasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pendampingan partisipatif melalui kegiatan produksi pada organisasi tunagrahita Sambung Roso Magetan? Dan proses pendampingan partisipatif melalui kegiatan pemasaran pada organisasi tunagrahita Sambung Roso Magetan?
Berangkat dari situlah peneliti terdorong membuat penelitian untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan cara melakukan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti mulai menggali data dengan teknik observasi, wawancara dan study dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti bersifat induktif.
Dari data yang diperoleh dan metode yang digunakan dapat disimpulkan bahwa terganggunya proses produksi batik ciprat yang menimbulkan tidak tercapainya kesejahteraan pada anak-anak tunagrahita karena terdapat beberapa aspek yang tidak dapat dikendalikan yaitu pada aspek produksi, ada beberapa bidang yang tidak efektif, yaitu: bahan baku, tenaga kerja, biaya produksi, dan perawatan peralatan. Kemudian pada aspek pemasaran terdapat beberapa bidang yang perlu dioptimalkan, yaitu: pemilihan segemen pasar, target pasar yang hendak dijelalahi, dan pada bauran pemasaran pada aspek tempat yang belum efektif diterapkan. Maka perlu dioptimalkan dengan menambah pendamping baru atau memebrikan pelatihan kepada pendamping yang ada, menetukan target produksi harian, membuat perencanaan produk agar sesuai dengan pesanan konsumen, dan membuat ruang khusus untuk menyimpan alat-alat produksi. Kemudian pada kegiatan pemasaran menetukan segmen pasar yang disesuikan dengan kemampuan anak-anak tunagrahita sehingga konsumen tidak pesan dengan motif yang rumit, menata ulang layout tempat produksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agung Eko Purwana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 04:40
Last Modified: 08 Jun 2020 04:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10047

Actions (login required)

View Item View Item