pengaruh keharmonisan keluarga dan pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral siswa kelas iv mi ma’arif singosaren jenangan ponorogo tahun pelajaran 2019/2020

Astari, Renita Yuli (2020) pengaruh keharmonisan keluarga dan pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral siswa kelas iv mi ma’arif singosaren jenangan ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616232_RENITA YULI ASTARI_PERPUSTAKAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ASTARI, RENITA YULI. 2020. Pengaruh Keharmonisan Keluarga dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Moral Siswa Kelas IV MI Ma’arif Singosaren Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ali Ba’ul Chusna, M. Si.

Kata Kunci: Keharmonisan Keluarga, Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan
Moral

Perkembangan moral adalah perkembangan atau perubahan manusia yang berkaitan dengan aturan, kebiasaan, atau tatacara yang harus dilakukan manusia dalam berinteraksi dengan orang lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan moral anak adalah lingkungan keluarga anak. Keharmonisan keluarga dan pola asuh orang tua merupakan bagian dari lingkungan keluarga anak. Keharmonisan keluarga adalah keadaan keluarga yang utuh dan bahagia serta di dalamnya dapat terjalin komunikasi yang baik antar anggota keluarga. Pola asuh orang tua adalah cara orang tua dalam menjaga, merawat, mengasuh anak-anak mereka agar menjadi manusia yang mandiri dan mampu menjalankan fungsinya di dalam masyarakat dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keharmonisan keluarga terhadap perkembangan moral siswa, mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral siswa, dan mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga dan pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral siswa.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan alat pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) checklist. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data, diambil kesimpulan bahwa: 1) Keharmonisan kelurga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan moral siswa kelas IV MI Ma’arif Singosaren Jenangan Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020 dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,001 yang berarti bahwa nilai signifikansi (Sig.) tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05. 2) Pola asuh orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan moral siswa kelas IV MI Ma’arif Singosaren Jenangan Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020 dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 yang berarti bahwa nilai signifikansi (Sig.) tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05. 3) Keharmonisan keluarga dan pola asuh orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan moral siswa kelas IV MI Ma’arif Singosaren Jenangan Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020 di mana hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa semua variabel independen memiliki nilai t hitung yang lebih besar daripada t tabel (0,688) dengan nilai t hitung dari keharmonisan keluarga adalah 1,948, pola asuh permisif adalah 6,071, pola asuh otoriter adalah 8,570, dan pola asuh demokratis adalah 5,870. Sedangkan secara simultan, diketahui bahwa nilai signifikansi (Sig.) dari regresi linier berganda penelitian ini adalah 0,000 yang berarti kurang dari nilai probabilitas 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 04:42
Last Modified: 12 Jun 2020 03:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10043

Actions (login required)

View Item View Item