Program Manajemen Kelas Impian Dalam Pembelajaran Di MI Kresna Mlilir Dolopo Madiun

Muzayanati, Apriliyanti (2020) Program Manajemen Kelas Impian Dalam Pembelajaran Di MI Kresna Mlilir Dolopo Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPLOAD APRILIYANTI MIUZAYANATI .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Muzayanati, Apriliyanti. Program Manajemen Kelas Impian Dalam Pembelajaran Di MI Kresna Mlilir Dolopo Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ali Ba’ul Chusna, M.S.I.
Kata Kunci: Manajemen Kelas Impian, pembelajaran siswa
Manajemen kelas impian merupakan suatu inovasi dari manajemen kelas yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang dimulai dari ruang kelas. Dimana dalam manajemen ini menekankan aspek fisik termasuk didalamnya ada pojok baca, pojok bermain, pojok guru dan pojok kebersihan, aspek sosio-emosional, dan juga aspek organisasional. Selain dari ketiga aspek tersebut dalam manajemen ini juga menanamkan akan Good Habit. Maka dari itu penting sekali suatu sekolah menerapkan suatu manajemen, salah satunya dengan manajemen kelas impian yang di terapkan di MI Kresna Mlilir Dolopo Madiun.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan pelaksanaan program manajemen kelas impian dalam pembelajaran di MI Kresna Mlilir Dolopo Madiun, (2) Menjelaskan dampak program kelas impian terhadap pembelajaran di MI Kresna Mlilir Dolopo Madiun, (3) Menjelaskan kelebihan dan kekurangan program manajemen kelas impian dalam pembelajaran di MI Kresna Mlilir Dolopo Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti, yaitu Wawancara, observasi partisipatif dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan analisis data atau penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini ditemukan bahwa (1) Pelaksanaan manajemen kelas ini dilaksanakan di MI Kresna Mlilir Dolopo Madiun, dimana dilatar belakangi dengan adanya workshop. Untuk implementasi manajemen kelas impian ini dilaksanakan oleh wali kelas dan bekerjasama dengan wali murid, dalam pelaksanaannya menekankan pada aspek fisik dan didukung dengan adanya pojok baca, pojok bermain, pojok guru, dan pojok kebersihan, selain itu juga terdapat aspek sosio-emosional dan juga organisasional. (2) Dampak dari manajemen kelas impian dalam pembelajaran (1). Mendukung perkembangan siswa baik intelektual maupun sosial; (2). Siswa lebih mudah dikontrol; (3). Kelas menjadi indah dan nyaman; (4). Adanya pembentukan kebiasaan atau karakter yang baik, atau membentuk good habits. (3) Kelebihan dan kekurangan program manajemen kelas impian, untuk kelebihan dari program manajemen kelas impian (1) Memberikan rasa nyaman; (2) Siswa lebih mudah berinteraksi saat pembelajaran; (3) Menumbuhkan minat baca siswa; (4) Dapat mengenal permainan-permainan tradisional; (5). Dengan adanya kelas impian ini siswa lebih mudah dikontrol dengan beberapa peraturan dan pembatasan izin keluar masuk kelas. Untuk kekuranganya (1). Memerlukan biaya yang cukup besar; (2). Ruangan pojok baca tidak digunakan dengan semestinya; (3). Kesulitan dalam memebersihkan ruangan apabila penataan meja berdepetan; (4). Siswa masih belum bisa merawat barang-barang yang ada di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba’ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 04:38
Last Modified: 08 Jun 2020 04:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10037

Actions (login required)

View Item View Item