Manajemen Pendidikan Karakter Sekolah Bermutu di SMPN 1 Babadan

Mutmainah, Siti (2020) Manajemen Pendidikan Karakter Sekolah Bermutu di SMPN 1 Babadan. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Watermark_Siti Mutmainnah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mutmainah, Siti. 2020, Manajemen Pendidikan Karakter Sekolah Bermutu di SMPN Babadan. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing: Dr. Mukhibat, M.Ag
Kata Kunci : Manajemen, Pendidikan Karakter, Sekolah Bermutu, SMPN 1 Babadan.
Akhlak mulia merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan anak. Pendidikan. bermutu juga merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting dalam kebutuhan manusia. Maju tidaknya suatu bangsa sangat tergantung pada pendidikan bangsa. Sebagai pendidik bertugas mengajar dan mendidik anak-anak supaya berkepribadian yang baik dan berkarakter yang termuat di dalam pelajaran terutama karakter religius. SMPN 1 Babadan terus berupaya menciptakan model manajemen yang lebih efektif untuk melaksanakan pendidikan karakter religious dan juga mendidik siswanya untuk berbudaya mutu. Sehingga penulis tertarik untuk membahas manajemen pendidikan karakter religius ini dengan judul: Manajemen Pendidikan Karakter Sekolah Bermutu di SMPN 1 Babadan, dengan tujuan menganalisis tentang : 1.Perencanaan pendidikan karakter sekolah bermutu peserta didik. 2. Pelaksanaan pendidikan karakter sekolah bermutu 3. Evaluasi pendidikan karakter sekolah bermutu peserta didik di SMPN 1 Babadan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus yang berlokasi di SMPN 1 Babadan Ponorogo. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan temuan, yaitu (1) Perencanaan pendidikan karakter sekolah bermutu di SMPN 1 Babadan meliputi penyusunan Visi dan Misi, kurikulum dan RPP yang terintegrasi dengan pendidikan karakter, draft kegiatan yang berisi tentang perilaku sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dan Nilai-nilai karakter yang dikembangkan mencakup ;religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter sekolah bermutu di SMPN 1 Babadan meliputi: semua kegiatan yang terkait mutu dan karakter dengan metode pembiasaan dan penanaman sikap berkarakter. Yaitu; perilaku sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta lingkungan dengan diwujudkan dalam bentuk kegiatan adiwiyata. Pembiasaan literasi juga dilaksanakan sebagai wujud dari GLS (Gerakan Literasi Sekolah). (3) Evaluasi pendidikan karakter sekolah bermutu di SMPN 1 Babadan dengan menggunakan instrumen yang harus diisi oleh siswa, orang tua siswa, takmir masjid/musholla dan diketahui oleh wali kelas dengan cara check list kegiatan sholat 5 waktu dan check lisan hafalan juz 30 Alqur’an. Sedangkan tim karakter menyiapkan jurnal dan silabus sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan karakter. Hal tersebut mampu meningkatkan antusiasme masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SMPN 1 Babadan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 04:25
Last Modified: 15 Jun 2020 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10030

Actions (login required)

View Item View Item