Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube terhadap Perilaku Positif Siswa Kelas 5 di MI Nurul Iman Kebonsari Madiun Tahun Ajaran 2019/2020

Ifadah, Munasiatul (2020) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube terhadap Perilaku Positif Siswa Kelas 5 di MI Nurul Iman Kebonsari Madiun Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Munasiatul Ifadah_210616115.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ifadah, Munasiatul. 2020. Pengaruh Penggunaan
Media Sosial Youtube terhadap Perilaku Positif Siswa Kelas 5 di MI Nurul Iman Kebonsari Madiun Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.

Kata Kunci : Media Sosial Youtube, Perilaku Positif Siswa

Media sosial Youtube merupakan salah satu dari banyaknya media komunikasi yang sering digunakan oleh masyarakat. Hal ini tak luput juga dari jangkauan anak-anak. Seiring perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, tentunya hal ini membawa pengaruh pada kehidupan manusia. Berbicara tentang kehidupan pada manusia maka tidak lepas dari perilaku manusia. Dari fenomena-fenomena yang berkembang, betapa besarnya pengaruh yang dibawa oleh kemajuan ilmu teknologi pada media sosial youtube dalam pembentukan perilaku anak. Maraknya media sosial youtube pada anak-anak merupakan salah satu masalah di dunia pendidikan. Penggunaan media sosial youtube dimungkinkan dapat mempengaruhi perilaku positif maupun negatif siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media sosial youtube terhadap perilaku positif siswa kelas 5 di MI Nurul Iman Kebonsari Madiun tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik kuisioner. Sedangkan untuk menganalisis data pada penelitian ini menggunakan rumus regresi linier sederhana.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media sosial youtube terhadap perilaku positif siswa kelas 5 di MI Nurul Iman Kebonsari Madiun tahun ajaran 2019/2020. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan menggunakan SPSS yaitu Fhitung (4,686) > Ftabel (2,04) sehingga Ho ditolak. Sedangkan besar pengaruhnya adalah 42,3%. Penggunaan media sosial youtube pada siswa kelas 5 di MI Nurul Iman termasuk dalam kategori sedang (baik). Hal ini diperoleh dari hasil angket siswa dengan rincian 78,6% dengan frekuensi 22 dari 32 responden. Kategori sedang pada penelitian ini dianggap baik karena dalam penggunaan media sosial youtube siswa mengakses konten-konten yang bermanfaat dengan durasi dan frekuensi yang seimbang. Sedangkan perilaku positif siswa kelas 5 di MI Nurul Iman termasuk dalam kategori sedang (baik). Hal ini diperoleh dari hasil angket siswa dengan rincian 56,25% dengan frekuensi 18 dari 32 responden. Kategori sedang pada penelitian ini dianggap baik karena perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perilaku baik dalam pilar karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 04:33
Last Modified: 08 Jun 2020 04:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10027

Actions (login required)

View Item View Item