Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Cicil Emas pada Bank Syariah Mandiri KCP Trenggalek

Hanusafa, Melwin Aftitah (2020) Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Cicil Emas pada Bank Syariah Mandiri KCP Trenggalek. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Melwin Aftitah H.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hanusafa, Melwin Aftitah. Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Cicil Emas pada Bank Syariah Mandiri KCP Trenggalek. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syari’ah.
Kata kunci: bauran pemasaran 4p, loyalitas nasabah
Perkembangan perbankan syariah di Indonesia semakin meningkat, hal ini yang menyebabkan persaingan semakin ketat. Terjadinya persaingan tersebut mengharuskan bank untuk gencar dalam memasarkan produknya. Sehingga untuk menjaga eksistensi produknya, BSM menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan pemasaran ini dimaksudkan agar masyarakat mengetahui dan mengenal produk perbankan mengingat karena masyarakat kurang memahami akan produk cicil emas yang baik sebagai sarana investasi.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan strategi pemasaran yang dilakukan pada bank syariah, (2) mendalami secara kritis alasan bank syariah menerapkan sistem nasabah existing, (3) memberikan gambaran terhadap dampak penerapan sistem nasabah existing terhadap konsistensi jumlah nasabah simpanan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah Bank Syariah Mandiri KCP Trenggalek. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara pada karyawan bank dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif Miles dan Huberman.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pemasaran yang dilakukan BSM KCP Trenggalek adalah dengan menerapkan bauran pemasaran berupa kualitas produk yang ditawarkan dengan manfaat sebagai sarana investasi, harga ditetapkan pada saat akad dengan margin yang kompetitif, tempat/lokasi bank yang strategis berada di pusat kota dan promosi yang dilakukan dilakukan di dalam maupun di luar. Kemudian dari teori bauran pemasaran tersebut bank menitikberatkan pada promosi secara langsung dengan pengoptimalan customer servise kepada nasabah lama yang berpotensi melakukan pembiayaan cicil emas. Penerapan tersebut berdampak signifikan terhadap perkembangan BSM KCP Trenggalek untuk membangun hubungan dengan nasabah dalam jangka panjang dengan pemilihan secara selektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 04:45
Last Modified: 08 Jun 2020 04:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10024

Actions (login required)

View Item View Item