Upaya Guru Dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Melalui Kegiatan Sabtu Bersih Di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo

Arnanda, Niko Septa (2020) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Melalui Kegiatan Sabtu Bersih Di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NIKO SEPTA ARNANDA_UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA MELALUI KEGIATAN SABTU BERSIH DI SMP NEGERI 2 JETIS PONOROGO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pendidikan karakter peduli lingkungan adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk menanamkan karakter sikap dan tingkah laku yang mencerminkan rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan di sekitarnya. Salah satu program penanaman nilai karakter peduli lingkungan di sekolah ada melalui kegiatan Sabtu Bersih sebagaimana yang telah dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil implementasi kegiatan Sabtu Bersih sebagai upaya guru dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan pada siswa di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo, dan (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan Sabtu Bersih di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif yang memilki ciri penelitian berjalan secara natural atau alami dimana objek di lapangan benar-benar ada dan tidak dimanipulasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan datanya menggunakan triagulasi, pemeriksaan melalui diskusi, pemanfaatan bahan referensi, dan dengan mengadakan pengecekan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Hasil implementasi kegiatan Sabtu Bersih sebagai upaya guru dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan pada siswa di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo cukup bagus terhadap perkembangan siswa. Secara keseluruhan kegiatan ini berhasil dan berdampak baik bagi perkembangan karakter peduli lingkungan siswa. Setelah siswa mengikuti ini, seiring berjalannya waktu rasa peduli siswa tehadap lingkungan semakin meningkat, dan penanaman karakter peduli lingkungan pun telah berhasil ditanamkan dengan tingkat keberhasilan yang beragam diantara para siswanya, dan (2) Faktor pendukung kegiatan Sabtu Bersih antara lain, pendampingan Bapak Ibu guru serta keikutsertaannya dalam kegiatan bersih-bersih, tersedianya alat-alat kebersihan tertentu di sekolah, semangat serta antusiasme keikutsertaan siswa yang baik dalam mengikuti kegiatan Sabtu Bersih, dan perencanaan yang bagus sehingga kegiatan Sabtu Bersih berjalan secara merata. Sedangkan faktor penghambat kegiatan Sabtu Bersih yaitu, masih minimnya jumlah ketersediaan alat kebersihan tertentu, seperti sapu lidi, sabit, cangkul, cikrak, dan lain-lain, siswa ada yang mengobrol dan becandaan dengan temannya sehingga tidak segera mengerjakan tugasnya, siswa ada yang bersembunyi saat kegiatan Sabtu Bersih sedang berlangsung, dan terdapat siswa yang tidak membawa peralatan yang sudah dihimbau untuk dibawa dari rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 04:15
Last Modified: 08 Jun 2020 04:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10017

Actions (login required)

View Item View Item