KONTRIBUSI PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR'AN SEBELUM PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MEMBINA AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SMP MA'ARIF 5 PONOROG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

HARTONO, RUDI (2020) KONTRIBUSI PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR'AN SEBELUM PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MEMBINA AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SMP MA'ARIF 5 PONOROG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI RUDIHARTONO.doc

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Rudi Hartono. Kontribusi Pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran dalam upaya membina akhlak siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 5 Ponorogo. Ponorogo Tahun Ajaran 2019 / 2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag.
Kata Kunci : Kontribusi, Al-Qur’an, Akhlak.
Pembiasaan akhlak terhadap anak itu sangatlah penting juga serta memiliki peran dan pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan pribadi anak yang dibina. Anak yang memiliki kehidupan pribadi baik, maka dari itu anak tersebut harus dididik serta dibina dari segala aspek kehidupan yang dilandasi dengan nilai pendidikan akhlak.
Sehungan dengan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk meneliti (1) Bagaimana Prilaku akhlak Siswa Kelas VIII di SMP Ma’arif 5 Ponorogo. (2) Bagaimana Proses Kegiatan Pembiasaan Membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran Kelas VIII di SMP Ma’arif 5 Ponorogo. (3) Kontribusi pembiasaan membaca Al-Qur’an dalam upaya membina akhlak siswa Kelas VIII di SMP Ma’arif 5 Ponorogo.
Untuk menjawab permasalahan diatas, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dengan model miles dan huberman yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil analisa penelitian ini, disimpulkan bahwa: (1) Prilaku akhlak siswa kelas VIII cukup variatif, Terbukti dengan adanya kenakalan siswa sering melangar tatatertib sekolah. Hal ini mungkin disebabkan karena siswa tinggal dilingkungan keluarga yang berbeda-beda dan kurangnya pembinaan akhlak dilingkungan tersebut. Sehingga masih perlu adanya pembinaan yang dilakukan oleh pihak sekolah secara terus menerus untuk mengembangkan akhlak siswa. (2) Pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran dilakukan setiap pagi setelah shalat dhuha. Kegiatan ini merupakan sarana atau metode pembiasaan agar siswa mampu menghafal dan memahami makna dari Al-Qur’an sehingga mereka mampu meneladani Akhlak Rasulullah, paling tidak mengguranggi pembiasaan yang kurang baik, maka kegiatan ini dilakukan oleh pihak sekolah dalam rangka membina, dan mengembangkan akhlak siswa. (3) Kontribusi Membaca Al-Qur’an dalam Upaya Membina Akhlak, Kontribusi adalah suatu yang dilakukan untuk membantu menghasilkan atau mencapai sesuatu bersama antara satu dengan yang lain, atau untuk membantu membuat sesuatu yang sukses. Dengan adanya pembiasaan yang baik, maka dapat membina dan menggembangkan akhlak siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AHMAD NU'MAN HAKIEM
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 02:44
Last Modified: 08 Jun 2020 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10013

Actions (login required)

View Item View Item