Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Alun-Alun Ponorogo

Rahayu, Isty Evrilia (2020) Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Alun-Alun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
UPLOAD ETHESES ISTY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan ekonomi bisnis merupakan suatu kegiatan usaha individu yang terorganisir untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebagai wirausaha dalam menjalankan usahanya perlu merencanakan strategi agar usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik serta sesuai yang diharapkan. Permasalahan yang menjadi topik dalam penelitian ini yaitu adanya penuruan tingkat pendapatan dari pedagang kaki lima di Alun-Alun Ponorogo.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan tujuan untuk memperoleh data yang lebih akurat mengenai strategi bisnis yang dilakukan pedagang kaki lima di Alun-Alun Ponorogo. Selain itu juga digunakan analisis SWOT guna memperoleh strategi yang tepat untuk diterapkan kedepannya. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendeketan kualitiatif. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini tingkat keramaian dan eksistensi dari alun-alun Ponorogo mulai menurun, minat masyarakat untuk mengunjungi Alun-Alun Ponorogo semakin berkurang sehingga seringkali Alun-Alun Ponorogo sangat sepi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena hal tersebut membuat pendapatan para pedagang semakin berangsur menurun. Disinyalir karena semakin banyaknya pesaing dari luar yang membuat konsumen beralih. Dengan Strategi bisnis yang saat ini diterapkan oleh pedagang kaki lima di alun-alun Ponorogo yaitu strategi produk dan pelayanan, strategi harga, strategi pemasaran dan strategi tempat belum mampu membawa pedagang untuk bersaing secara baik dengan pesaingnya. Strategi tersebut mengalami kendala dalam proses pengembangan dan belum mampu meningkatkan pendapatan pedagang saat ini. Berikut adalah beberapa alternative strategi yang dapat diterapkan kedepannya diantaranya mengembangkan produk, berinovasi pada produk dan merek, memperbaiki manajemen, meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar pedagang, pihak indakop memberikan fasilitas untuk mempromosikan produk-produk milik pedagang kaki lima di alun-alun ponorogo, pemerintah daerah atau indakop memberikan soft skill berupa ketrampilan kepada pedagang, mencari alternatif sumber modal untuk mengembangkan usaha, aktif mengikuti pameran dagang dan kerjasama dengan lainnya untuk menambah relasi guna meningkatkan pendapatan dan kinerja, mengikuti perkembangan dan memanfaatkan tekonologi yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: dwi setya nugrahini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 04:23
Last Modified: 08 Jun 2020 04:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10009

Actions (login required)

View Item View Item