(KESEDIAAN PUBLIKASI BLM ADA, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH, KAT PENGANTAR N DAFTAR ISI TDK PERLU)..Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak Usia Dini di RA Sunan Giri Lembah Dolopo Madiun

zakiyah, ulfa naili (2020) (KESEDIAAN PUBLIKASI BLM ADA, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH, KAT PENGANTAR N DAFTAR ISI TDK PERLU)..Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak Usia Dini di RA Sunan Giri Lembah Dolopo Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
(SKRIPSI_ULFA_NAILI_ZAKIYAH_211116006).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Zakiyah, Ulfa Naili. 2020. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak Usia Dini di RA Sunan Giri Lembah Dolopo Madiun. Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Mambaul Ngadhimah, M.Ag.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Kemandirian Belajar, Anak Usia Dini
Kemandirian Belajar dapat diartikan sebagai sifat serta kemampuan yang dimiliki siswa untuk melakukan kegiatan belajar aktif. kemampuan untuk mengendalikan dan mengatur pikiran, prasaan dan tindakan sendiri secara bebas serta berusaha sendiri untuk mengatasi perasaan malu dan ragu. Kemandirian harus mulai diperkenalkan kepada anak sedini mungkin, dengan adapanya menanamkan sifat kemandirian anak maka akan menghilangkan sikap ketergantungan anak pada orang lain, dan kemandirian belajar harus ditingkatkan khususnya di rumah.
Tujuan peneliti ini adalah: 1) untuk mengetahui peran orang tua sebagai pelatih dalam meningkatkan kemandirian belajar anak usia dini di RA Sunan Giri Lembah Dolopo Madiun; 2) untuk mengetahui peran orang tua dalam membiasakan kemandirian belajar anak usia dini di Ra Sunan Giri Lembah Dolopo Madiun; dan 3) untuk mengetahui peran orang tua dalam mengontrol kemandirian belajar anak usia dini di RA Sunan Giri Lembah Dolopo Madiun.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengikuti konsep yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari analisis data disimpulkan bahwa: (1) Peran orang tua sebagai pelatih kemandirian belajar anak usia dini di RA Sunan Giri Lembah Dolopo Madiun sudah mencapai standar rata-rata, dikatakan anak belum mandiri bisa dilihat dari kemandirian anak saat dirumah, dan peran orang tua dalam melatih kemandirian agar tercapainya indikator kemandirian antara lain anak akan percaya diri, anak tidak bergantung kepada orang tua. (2) peran orang tua dalam memebiasakan kemandirian belajar anak usia dini, orang tua membiasakan anak untuk berdoa sebelum beraktivitas bisa menumbuhkan aspek perkembangan untuk anak yaitu bahasa, agama dan moral, sosial dan emosional anak, pembiasaan doa sebelum beraktivitas juga diterapkan di RA Sunan Giri. Anak dikategorikan beluum mandiri saat belajar dirumah dan disekolahan. (3). Peran Orang tua mengontrol kemandirian belajar anak usia dini, kegiatan anak dari pagi sampai sore, kegiatan anak tidak lepas dari kontrolan orang tua, mendisiplinkan anak untuk menaruh antribut pada tempatnya, membuatkan jadwal anak selain sekolah pagi yaitu TPA. Antara orang tua dan guru selalu berkomunikasi tentang perkembanagn kemandirian belajar anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 04:16
Last Modified: 08 Jun 2020 04:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10001

Actions (login required)

View Item View Item